Dafit Kurniawan
16.11.0126
A. Abstrak
Mungkin sebagian besar dari kita menganggap bahwa Facebook sudah tidak keren lagi, sekeren
STMIK AMIKOM Yogyakarta. Namun sebenarnya Facebook sekarang semakin terkenal. Satu minggu yang lalu, perusahaan ini mengumumkan bahwa pertumbuhannya terus melonjak. Tidak hanya dalam jumlah penggunanya, tetapi juga seberapa sering mereka menggunakan Facebook. Mark Zuckerberg mengatakan bahwa 63% dari 1.28 miliar pengguna Facebook melakukan log in ke situs ini. Dan proporsi pengguna yang log in setidaknya enam hari dalam seminggu kini telah melebihi 50%.
Bagaimana bisa Facebook menjadi semakin adiktif seperti ini? Padahal seharusnya pengguna aktif mereka semakin berkurang. Ini bisa terjadi karena Facebook tahu siapa anda – dan ia semakin baik dalam memahami anda.
Setelah bekerja keras dan banyak mengumpulkan data–data anda. Facebook memanfaatkan iklan tertarget mereka, dengan begini mereka bisa menemukan postingan teman anda yang mungkin saja anda sukai saat anda membuka aplikasi Facebook. Pengiklan memang membantu Facebook melalui cara ini, tetapi hal yang paling sulit dilakukan adalah membuat pengguna Facebook kembali lagi untuk terus menggunakan aplikasi ini. Jika cara ini gagal, maka bisnis iklan akan meledak.
Pada Karya ilmiah kali ini saya akan menjelaskan cara berbisnis online dengan Facebook, lebih tepatnya dengan menggunakan layanan iklan Facebook (Facebook Ads).
1. Tertarget
Kita dapat menarget audience yang sesuai dengan segemen bisnis kita. Seperti lokasi, usia, status (menikah atau single), pendidikan, hobi, kesukaan, pekerjaan, event, komunitas, dan lain sebagainya.
2. Low Competition
Di dalam iklan facebook, iklan kita dimunculkan kapan saja tanpa terjadi persaingan yang kompetitif. Tidak seperti mesin pencari, kompetisi dengan Big Brand, Traffic bergantung pada jumlah pencari, ingin bagus, ranking harus bagus. Dalam iklan facebook terdapat audience yang sangat banyak dan potensial. Kapan saja ingin iklankan produk kita dan dapat ditarget sesuai dengan segmen bisnis kita. Dengan target yang tepat, akan menjadikan banyak interaksi terhadap produk atau brand kita.
3. Low Education
Yang paling penting disini adalah para audience atau target pasar kita adalah orang-orang yang minim akan edukasi mengenai produk atau brand kita. Mengapa? Karena iklan kita disini berdasarkan aspek kehidupan, bukan aspek pendidikan seperti mesin pencari yang berdasarkan aspek pendidikan mereka benar-benar memadahi. Dimana untungnya? untung dari para audience yang minim akan edukasi adalah kita bebas menentukan harga atau kita bisa mendeskriminasikan harga. Mereka tidak memiliki banyak kesempatan untuk mebandingakan harga dengan yang lain. Disinilah aspek terpenting dari Facebook Ads, dan berpeluang menghasilkan jutaan bahkan milyaran dalam sehari.
B. Isi
Pada karya ilmiah kali ini, saya akan membahas secara garis besar sistem bisnis yang dasyat melalui iklan facebook. Selain itu, mungkin topik bahasan ini juga bisa dipakai sebagai bahan inspirasi untuk mencari dan mempelajari atau bahkan menciptakan sistem-sistem bisnis baru yang saat ini masih belum sempurna.
Berikut adalah beberapa langkah membangun bisnis online melalui facebook :
1. Buatlah Fans Page
Fans Page facebook adalah sebuah halaman khusus layaknya blog yang menyediakan informasi yang beragam sesuai dengan keinginan pemiliknya, mulai dari perusahaan, pendidikan, layanan, produk fisik, artis, komunitas dan masih banyak lainnya.
Apa manfaatnya untuk bisnis online? Manfaat Fans Page Facebook adalah untuk mengumpulkan prospek (fans) sebanyak-banyaknya dan kemudian kirimi pesan-pesan marketing untuk menghasilkan penjualan. Dengan semakin banyaknya jumlah Fans atau penggemar halaman facebook kita, maka akan semakin besar pula peluang kita mendapatkan uang.
2. Cari Judul FansPage dengan keyword yang bagus
Keyword yang tepat dapat mempercepat terjadinya pencarian fans page kita. Cara mencari keyword yang paling tepat adalah dengan menggunakan fasilitas Google Keyword Planner. Dengan Google Keyword Planner, kita dapat menentukan seberapa kuat keyword kita di mata mesin pencari.
3. 10.000 Like
Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen untuk membeli produk atau brand kita, kita membutuhkan yang namanya jaminan dan reputasi. Dengan banyaknya jumlah liker, dapat meningkatkan reputasi kita dan sebagai tameng untuk menahan serangan-serangan penolakan dari konsumen. Disini jumlah like tidak untuk target, melainkan hanya untuk meningkatkan reputasi dan untuk menahan serangan-serangan yang mungkin terjadi saat kita melakukan prospek. 10.000 Like adalah syarat minimal supaya reputasi kita di mata konsumen menjadi baik.
4. Buat Posting yang bermanfaat
Ketika fans page kita sudah jadi, jangan langsung iklan. Tapi posting lah artikel yang bermanfaat sesuai dengan produk yang kita tawarkan. Misal kita menjual obat-obatan. Maka kita post artikel tentang kesehatan, namun jangan cantumkan produk kita pada post status fans page. Saat memposting status fans page, selalu cantumkan gambar. Karena umumnya manusia lebih suka dan memperhatikan gambar daripada membaca tulisan. Lakukanlah minimal sehari 3x dalam 1 minggu.
5. Saatnya beriklan
Setelah 1 minggu kita post status fans page, kini saatnya kita ber iklan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat post iklan yang menarik dengan produk kita. Dalam iklan yang kita buat cantumkan gambar yang membuat kontroversial, serta jangan lupa cantumkan PIN BBM kita. Jika sudah langsung iklankan dengan budget minimal $4 per hari. Lebih banyak budget lebih banyak jangkauan yang kita peroleh.
6. Closing
Jadi inti dari closing disini terletak pada BBM. Karena semua yang kita iklankan, akan kita giring ke BBM. Lakukanlah teknik softclosing, jangan hardclosing. Karena apa? disini target kita adalah orang yang minim akan edukasi. Kita disini dituntut bermain perasaan untuk mendapatkan closing yang maksimal.
C. Referensi
Belum ada tanggapan untuk "Karya Ilmiah "Peluang Online Shop Dengan Menggunakan Facebook Ads""
Post a Comment